Komisi A DPRD Maluku Sambangi Forum Honorer K2 SBT

Komisi A DPRD Maluku Sambangi Forum Honorer K2 SBT
Komisi A DPRD Maluku Sambangi Forum Honorer K2 SBT

BinaiyaNews - Kunjungan kerja Komisi A DPRD Provinsi Maluku di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dengan beberapa agenda. Diantaranya bertemu langsung dengan para tenaga honorer kategori dua.

Pertemuan berlangsung di Sekretariat Forum Honorer Katagori 2 dan Honorer Aktif (FHK2A) Di jalan Baru KPU,Kota Bula. Kamis (31/1/2019)

Dalam pertemuan itu, ketua Forum Honorer Katagori 2 dan Honorer Aktif (FHK2A) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Irwan Rumoma mengapresiasi kedatangan komisi A, DPRD Provinsi Maluku dalam menyerap aspirasi tenaga honorer K2 Kabupaten SBT.

Dalam pertemuan itu Irwan Rumoma meluapkan kekecewaannya kepada Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten SBT. Dirinya menilai kedua institusi itu tidak melirik nasib tenaga honorer K2 yang berjumlah 405 orang yang selama ini mengabdi di daerah, yang bertajuk Ita Wotu Nusa itu.

"Jujur kami sangat kecewa terhadap Pemda dan DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Keinginan kami sudah berulang kali disampaikan, bahkan dengan berbagai cara, tapi ini kondisi kami,” ungkapnya dengan nada kesal.

Dia menambahkan,banyak para tenaga honorer yang telah mengabdi selama 10 tahun. Usia mereka juga tidak lagi muda, sehingga kecil kemungkinan bisa bersaing dalam perekrutan CPNS online.

"Para honorer ini rata-rata usia diatas 35 tahun. Kami juga mengabdi di daerah ini sudah lebih dari 10 tahun. Bahkan ada yang sudah 15," terangnya.

Baca Juga : Tuahena Nakhodai Bank Maluku Malut Cabang Pembantu Gorom SBT

Menanggapi aspirasi tenaga honorer Kabupaten SBT. Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Maluku Costansius Kolatfeka menjelaskan, kedatangan komisi A ke SBT dalam beberapa agenda. Salah satunya yakni untuk mendengarkan secara langsung aspirasi tenaga honorer SBT.

Kolatfeka juga menegaskan bahwa, aspirasi tenaga honorer akan ditindaklanjuti kepada Pemda SBT, melalui pertemuan komisi A, DPRD provinsi Maluku dengan Bappeda Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada Jumat 1 Februari 2019 nanti.

Ditempat yang sama, anggota DPRD Provinsi Maluku, Freddy Rahakbauw yang juga hadir pada kesempatan itu mengharapkan kehadiran Sekda dan kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSD) Kabupaten SBT untuk sama-sama hadir dalam pertemuan selanjutnya.

“Kita harapkan lewat pertemuan selanjutnya nanti, dapat menghasilkan solusi yang bisa diterima oleh semua pihak,” harapnya.

Komisi A DPRD Maluku Sambangi Forum Honorer K2 SBT
Komisi A DPRD Maluku Sambangi Forum Honorer K2 SBT

“Kehadiran Sekda dan BKPSDM supaya persoalan K2 SBT ini bisa dijelaskan secara gamblang. Agar kita dapat mengetahui nasib 405 orang honorer K2 Kabupaten SBT ini mau dijadikan apa oleh Pemda SBT,” tegasnya.

Rahakbauw mengakui, pihaknya juga tidak bisa menjamin keinginan para tenaga honorer itu untuk terealisasi, dia mengakui bahwa kewenangan itu ansih dari Pemerintah daerah setempat.

“DPRD hanya sebatas menyampaikan dan mendorong melalui politik anggaran dalam pembahasan anggaran di DPRD Provinsi Maluku,” ungkapnya.

Baca Juga : Tertib Administrasi Dana Desa, Payapo Umumkan Uang Ratusan Juta Kepada Warga

Dirinya berjanji akan menyampaikan permasalah yang dihadapi oleh seluruh honorer K2 di Kabupaten SBT itu kepada pihak yang terkait.

"Jadi, kami berjanji aspirasi saudara-saudara ini akan kami sampaikan, kepada Pemda SBT, Pemerintah Provinsi Maluku, komisi ll DPR RI dan Menpan-RB di Jakarta,” ikrarnya. (BN-03)

Post a Comment

0 Comments