• Breaking News

    Tertib Administrasi Dana Desa, Payapo Umumkan Uang Ratusan Juta Kepada Warga

    Tertib Administrasi Dana Desa, Payapo Umumkan Uang Ratusan Juta Kepada Warga
    Foto : Penjabat Negeri Administratif Sumber Agung, 
    Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), 
    Abdul Rahim Payapo - saat mengumumkan dana desa kepada warga

    Binaiyanews - Transparansi dan akuntabilitas dana desa masih menjadi salah satu isu yang menarik perhatian banyak kalangan. UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa yang mencerminkan janji Negara kepada desa untuk di kembangkan.

    Untuk menghindari timbulnya kecurigaan di dalam masyarakat, Penjabat Negeri Administratif Sumber Agung, Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Rahim Payapo membuka dan mengumumkan uang dana desa secara terbuka kepada masyarakat.

    Aksi buka uang Dana Desa (DD), ratusan juta rupiah itu dilakukannya dalam musyawarah. Disaksikan semua perangkat desa dan pendamping desa yaitu, Hamid Rumonin di balai desa Negeri Adm Sumber Agung, Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur. Jumat (4/1/2019) usai shalat Jum’at.

    Baca Juga : Satukan Visi, Komunitas Keyboard Musik Masohi Terbentuk

    Hal itu dilakukannya dengan alasan agar transparan. Supaya diketahui oleh masyarakat setempat. Sebab banyak terjadi dugaan penyimpangan dana desa. Padahal menurutnya dana desa ada untuk kesejahteraan rakyat.

    ”Dana Desa ini punya rakyat, jumlah dan peruntukannya juga harus diketahui oleh masyarakat,” ungkapnya.

    Baca Juga : 2 Proyek Milik PUPR di Negeri Nolloth Amburadul

    Prinsip-prinsip akuntabilitas dan keterbukaan dalam mengelola dana desa kepada publik. Menjadi prioritas utama Bambang sapaan akrabnya dalam memimpin di Negeri Adm Sumber Agung. “Rakyat membutuhkan dana ini untuk pengembangan ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu dana ini kita umumkan dalam musyawarah. Sekaligus pembacaan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) untuk apa saja dana itu digunakan nanti,” tegasnya.

    Sejak mengemban jabatan publik itu pada 24 desember 2018, Bambang mulai melakukan survei di dalam Negeri yang jumlah kepala keluarga (KK) 200 KK itu. Untuk mengetahui apa-apa saja yang menjadi kebutuhan warga. Banyak sektor potensial yang bisa di kembangkan untuk menaikan taraf ekonomi rakyat di Negeri Administratif Sumber Agung Diantaranya sektor kerajinan rakyat yaitu kerajinan tirai bambu, batu bata merah, pertanian dan lapangan olah raga untuk pemuda.

    “Pertumbuhan ekonomi mikro di pedesaan secara kualitatif bisa disaksikan, kalau usaha kerakyatan bisa berpoduksi.” ujar Bambang.

    Baca Juga : PEMKAB SBT Launching Produk Inovasi Umbi-umbian

    “Oleh karena itu dengan kucuran Dana Desa itu maka diharapkan warga dapat memanfaatkannya tepat sasaran. Supaya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” harapnya.(BN-02)

    No comments