• Breaking News

    PAUD/TK AT-Tiin Masohi Gelar Literasi Keluarga dan Pojok Baca

    Binaiyanews.com - Sekolah PAUD/TK AT-Tiin Masohi mengadakan kegiatan Literasi Keluarga yang diperuntukan bagi orangtua peserta didik maupun anak didik PAUD. Kegiatan di rangkai dengan peresmian pojok baca siswa di Sekolah PAUD/TK AT Tiin. Selasa (27/11).

    Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi Literasi Keluarga,di Gedung Perpustakaan Daerah Maluku Tengah pada, 5/11/2018.

    Kegiatan yang berkonsep orang tua membaca buku untuk anak di sekolah itu, diharapkan dapat terwujud kerjasama yang harmonis antara orangtua dan anak. Program ini baru pernah di terapkan di Maluku, karena dari seluruh PAUD / TK di Maluku, hanya Sekolah AT Tiin yang mendapatkan penghargaan apresiasi Gernas Baku tingkat nasional di Jakarta belum lama ini.

    PAUD/TK AT-Tiin Masohi Gelar Literasi Keluarga dan Pojok Baca
    PAUD / TK AT-Tiin Masohi Gelar Literasi Keluarga dan Pojok Baca

    Kepala sekolah PAUD/TK AT Tiin, Hj.Saadiah Latuconsina dalam sambutannya usai meresmikan pojok baca mengatakan, Tujuan kegiatan itu agar terwujud kerjasama yang harmonis antara orangtua dan anak. Melatih anak agar senang dan terbiasa untuk membaca buku. Karena buku adalah jendela ilmu, dari membaca buku akan menambah pengetahuan dan wawasan anak. “agar anak mencintai dan gemar membaca buku, serta terbangun hubungan kasih sayang dengan orang tua,” ujarnya.

    Bunda Diah sapaan akrabnya mengharapkan kepada orang tua untuk dapat membudayakan kebiasaan membaca dalam keluarga. Sehingga dapat mencerdaskan anak lewat baca.”Karena pendidikan utama dan pertama adalah orang tua,” tegasnya.

    Kegiatan itu diberikan materi bagaimana mengembangkan literasi pada anak usia dini melalui membaca. Kemudian kegiatan itu juga sebagai tindak lanjut dari penghargaan apresiasi Gernas Baku tingkat nasional kepada Sekolah PAUD/TK AT Tiin.

    Berita Lainnya DPRD Malteng Perjuangkan Nilai Passing Grade dan Honorer CPNS Malteng 

    “Kami sebagai lembaga yang mendapatkan apresiasi Gernas Baku tingkat nasional maka kami tindaklanjuti salah satunya dengan mengembangkan kegiatan literasi di lembaga ini,” ungkapnya.

    Melalui kegiatan itu dirinya mengharapkan,peran orangtua sebagai peserta didik, dapat menjalin kerjasama dengan pihak sekolah untuk menumbuhkan kemampuan literasi anak. Meskipun jumlah buku yang masih terbatas, namun dengan diresmikannya “Pojok Buku” maka siswa dapat membawa ke rumah masing-masing dan harus dikembalikan lagi. “Selain di sekolah, orang tua juga bisa menyediakan pojok buku untuk anak di rumah masing-masing dan melakukan kegiatan rutin membaca buku kepada anak,” imbuhnya.

    “Jika harapan kita ini bisa dilakukan bersama dengan orangtua peserta didik, tentunya dapat menjadi anak didik yang mempunyai karakter yang baik dan berakhlak mulia, menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab,” jelasnya.

    Berita LainnyaSeleksi Penerimaan CPNS SBT 2018 Dimulai

    Kegiatan membaca buku di halaman PAUD/TK terlihat anak-anak sangat bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan itu. Seperti biasanya sebelum melaksanakan kegiatan anak-anak berdo'a terlebih dahulu agar diberikan keselamatan dan keberkahan. Anak-anak sangat antusias membaca buku dan saling bertukar buku dengan yang lainnya. Ada anak yang membaca buku dan di bantu oleh orang tua.

    Sementara itu kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kota Masohi, Husni Soo dalam sambutannya memberikan apresiasi kepala PAUD/TK kepada sekolah AT Tiin, karena meskipun baru 5 tahun eksis namun telah mampu mengadirkan konsep Literasi Keluarga di Maluku “Saya mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi dengan program itu, karena itulah sebenarnya program PAUD/TK harus seperti itu,” tandasnya.(BN-01)

    No comments

    Post Top Ad

    Bottom Ads