• Breaking News

    Mahasiswa Asal Kabupaten SBT, Semakin Mudah Urus Izin Penelitian

    Binaiyanews - Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk mengurus izin penelitian secara online. 

    Hal itu untuk mempermudah pelayanan perizinan kepada masyarakat se-SBT dalam melaksanakan penelitian di tingkat perguruan tinggi dimanapun berada. Diharapkan aplikasi itu dapat mempermudah para mahasiswa yang ingin mengurus izin penelitian.

    Diresmikannya aplikasi izin penelitian itu oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Syrief Makmur di kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) SBT di Bula.

    Mahasiswa Asal Kabupaten SBT, Semakin Mudah Urus Izin Penelitian
    Mahasiswa Asal Kabupaten SBT, Semakin Mudah Urus Izin Penelitian

    Syarief menjelaskan, sistem aplikasi pelayanan izin penelitian merupakan kewenangan Kesbangpol SBT. “Pihak KESBANGPOL diberi tugas pendelegasian oleh Pemda SBT, untuk memberikan izin bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian,” ujarnya.

    Menurut Syarif, selama ini sistem perizinan di keluarkan secara manual. Orang yang ingin mengurus harus datang bawa persyaratan. Namun dengan sistem ini maka cukup melalui aplikasi ini mereka tidak perlu lagi ke Kesbangpol, tapi melalui handphone android saja maka mereka langsung melakukan pendaftaran dan sekaligus mendapat izin secara langsung dari pemda SBT.

    “izin dikeluarkan bagi mahasiswa di mana saja yang ingin melakukan penelitian di Kabupaten SBT,” tegasnya.

    Berdasarkan surat edaran gubernur Maluku beberapa tahun lalu meminta agar setiap satuan perangkat kerja daerah (SKPD) atau organinasi perangkat daerah (OPD) dari Provinsi, Kabupaten Kota se-Maluku membuat inovasi untuk daerah. Dirinya berharap kedepannya ada inovasi lain juga yang bida terwujud.

    “kita berharap mungkin kedepan Kesbangpol memiliki aplikasi-aplikasi selain izin penelitian ini,"harapnya.

    Baca Juga : Wabup Malteng Promosi Pulau Nusalaut di Belanda

    Tujuan peluncuran aplikasi izin penelitian secara online, untuk mengefisiensikan proses pengurusan permohonan izin penelitian bagi masyarakat. Agar mendapatkan pelayanan yang lebih prima.

    Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Abdul Halik Rumeon mengatakan, dengan menggunakan izin online ini, maka lebih efisien terutama persoalan waktu.

    “Jadi, teman-teman yang berada di luar daerah, hanya membuka aplikasi ini, kemudian klik sesuai dengan prosedur. Kita tinggal mengecek apakah mereka punya persyaratan sudah memenuhi syarat atau belum? jika memenuhi syarat maka kami akan langsung menyatakan oke. Sehingga dalam hitungan menit mereka sudah bisa print di tempat di mana mereka berada," tandasnya.

    Baca Juga : Jelang HKN, Dinkes SBT Masuk Bersihkan Pasar Bula

    Setelah peluncuran itu, maka pada bulan November 2018, aplikasi izin penelitian secara online dapat diberlakukan. Sampai saat ini tercatat sudah sekitar 280 izin dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Kesbangpol SBT.(BN-01)

    No comments

    Post Top Ad