• Breaking News

    Loka Monitor Ambon Sosialisasi Cegah Penyalahgunaan Radio

    MASOHI - Kegiatan dengan tema, melalui sosialisasi peraturan bidang frekuensi radio, kita ciptakan tertib pengguna frekuensi radio di Kabupaten Maluku Tengah, dilaksanakan di Masohi, Sabtu (27/10/2018)

    Narasumber pada kegiatan itu adalah Kepala Kantor Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Ambon, Reinhard. H. Fatunleib dan kedua stafnya yaitu Alberth. E. Pattinasarany dan Jefri. R. Leatemia.

    Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Ambon
    Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Ambon

    Dalam kegiatan itu dijelaskan mengenai bahaya penggunaan pentingnya penggunaan radio sebagai alat penyambung informasi. Namun berbahaya bila tidak di gunakan sesuai dengan kebutuhan.

    "Penyalahgunaan frekuensi radio terjadi karena masyarakat kurang memahami dampak dan akibat dari penggunaan frekuensi secara ilegal atau tidak berijin," kata kantor loka monitor spektrum frekuensi radio Ambon, Reinhard.H.Fatunleib 

    Dirinya menjelaskan frekuensi radio rawan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Akibatnya bisa fatal pada moda transportasi udara dan laut yang tergantung dengan alat komunikasi radio.

    Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Maluku Gelar Sosialisasi Desiminasi Badan Hukum Perkumpulan

    "Misalnya pada pesawat udara yang menggunakan jalur komunikasi radio Air Traffic Controller (ATC) pada kode yang telah di sediakan namun di gunakan juga oleh pengguna radio dari kapal atau penggunaan radio lainnya. Hal itu dapat mengganggu komunikasi,"jelasnya.

    Frekuensi yang biasanya mengganggu adalah frekuensi yang digunakan oleh perorangan dan diperoleh tanpa seizin dari Kominfo atau ilegal. Dirinya mengharapkan penggunaan radio di gunakan dengan bijak."Gunakanlah frekuensi radio sesuai izin dan peruntukannya," harapnya.

    Di Provinsi Maluku, kegiatan ini hanya dilaksanakan di Kabupaten Maluku tengah. Loka monitor menurut Reinhard ujungnya adalah ke Nawacita Presiden. Semua Peraturam mentri dapat di download di Kemenkoinfo,

    Baca Juga : Jelang HKN, Dinkes SBT Masuk Bersihkan Pasar Bula

    Kegiatan sosialisasi itu dihadiri oleh semua perwakilan dari instansi yaitu Pemda Malteng, Pramuka, jurnalis, BUMN, BUMD, Orari dan RAPI.(BN-01)

    No comments

    Post Top Ad