• Breaking News

    Kanwil Kemenkumham Maluku Gelar Sosialisasi Desiminasi Badan Hukum Perkumpulan

    MASOHI - Kegiatan diseminasi layanan pendaftaran badan hukum perkumpulan di Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2018 diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku.

    Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan stakeholder tentang pendaftaran badan hukum perkumpulan tersebut dilaksanakan di aula pertemuan hotel Lelemuku Masohi, Selasa (23/10/2018).

    Kanwil Kemenkumham Maluku Gelar Sosialisasi Desiminasi Badan Hukum Perkumpulan
    Foto Bersama Saat Kegiatan

    Hadir sebagai narasumber yaitu kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku, Drs.Tholib, SH, MH yang membawakan materi tentang peran kantor wilayah hukum dan HAM terkait badan hukum perkumpulan.

    Hadir pula, Kepala Seksi Badan Hukum Sosial, Direktorat Jenderal administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Hildan Mulyadi yang menjelaskan tentang kebijakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tentang pendaftaran badan hukum Perkumpulan. 

    Kabid hubungan antar lembaga, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Provinsi Maluku, Risyer Latuperissa, M.AP membawakan materi tentang peran Pemerintah Daerah dalam melakukan pengawasan dan pembinaan badan hukum perkumpulan.

    Baca Juga : Hadapi Klaim, Pemda SBT Ikut Berikan Pendampingan Hukum

    Kegiatan di buka oleh Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Tuasikal Abua yang dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Setda Malteng, Bahrum Kalauw.

    Bupati dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Republik Indonesia, kantor wilayah Maluku (KANWIL KUMHAM) RI sebab telah bersedia hadir di Ibukota Kabupaten Malteng, untuk melakukan sosialisasi pemahaman tentang perkumpulan dan badan hukum. “Saya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, karena selain sangat penting, juga bermanfaat bagi masyarakat. Terutama para peserta yang mengikuti kegiatan ini, karena dapat memberikan out put yang signifikan terhadap peran perkumpulan atau organisasi kemasyarakatan yang ada di daerah ini,” ujarnya.

    Baca Juga : FKPPI Malteng Gelar NOBAR G30SPKI

    “Hal ini untuk berpartisipasi dan mewujudkan cita-cita nasional serta menjaga dan memelihara keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

    Dikatakannya, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa sejarah Bangsa Indonesia tidak terlepas dan peran serta dari Organisasi. “Terkait dengan itu, saat ini kita di Kabupaten Maluku Tengah dihadapkan dengan masih adanya perkumpulan atau Organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang belum memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya dengan baik, serta mampu mengkonsolidasikan diri untuk berperan dan berfungsi sesuai dengan tujuan pembentukannya,”ungkapnya.

    Olehnya itu bupati berharap, kegiatan itu dapat membekali seluruh peserta, sehingga diharapkan keberadaan dan aktivitas seluruh Ormas di Kabupaten Maluku Tengah pada masa mendatang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan daerah.

    Baca Juga : Bina Kambtibmas Kesbangpol SBT Terkendala Anggaran

    “Semoga dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas dan pemahaman terhadap Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013. Agar pada gilirannya seluruh Ormas mampu berkontribusi dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat dan Kabupaten Maluku Tengah ke arah yang lebih baik,” harapnya.

    Hadir sebagai peserta pada kegiatan sehari itu perwakilan dari setiap instansi di Pemkab Malteng, instansi vertikal, Notaris/PPAT Kabupaten Malteng, serta unsur TNI dan Polri.(BN-01)

    No comments

    Post Top Ad