• Breaking News

    Pasok Agregat, SBT dan Fak-Fak Akan MoU

    Binaiyanews - Kabupaten SBT memiliki potensi alam yang cukup besar. Hal ini dilirik kabupaten tetangga di Papua. Terkait hal ini, Bupati SBT Abd Mukti Keliobas menyatakan pihaknya dalam waktu dekat akan menandatangani MoU dengan Bupati Fak Fak. "Tanggal 27 Agustus ini, insya Allah kita MoU. Ada beberapa item, tapi yang jadi primadona itu batu agregat atau batu pecah. Ada lain lagi, mungkin sayur, rica, sapi dan lain-lain nanti kita lihat seperti apa," beber Bupati di kantor Bupati pekan kemarin.

    Pasok Agregat, SBT dan Fak-Fak Akan MoU
    Pasok Agregat, SBT dan Fak-Fak Akan MoU 
    Menurut Bupati, nota kesepahaman yang diusulkan telah melalui kajian antara kedua belah pihak. Karena sifatnya masih MoU, masih memerlukan proses lanjut untuk memastikan item-item apa saja yang akan menjadi pokok kerjasama.

    Baca Juga : Lantik Raja, Bupati Ingatkan Kesetiaan Kepada NKRI

    Diharapkan dengan MoU antara Kabupaten SBT dan Kabupaten Fak-Fak menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan kedua pihak. Menurutnya, untuk SBT sendiri ini akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Tapi berapa besarnya PAD kita belum bisa hitung, karena baru MoU dan apa-apa yang akan jadi kerjasama khan belum dilakukan. Kerjasama jalan dulu baru bisa hitung potensi PAD nya berapa," katanya.

    Pasok Agregat, SBT dan Fak-Fak Akan MoU
    Pasok Agregat, SBT dan Fak-Fak Akan MoU 
    Agregat atau batu pecah memang andalan Kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa ini sebab potensinya berlimpah di setiap sungai di SBT. Batu kali digerus atau dipecahkan di instalasi yang disebut "Crusher" menghasilkan agregat atau batu pecah.

    Baca Juga : Kadisppora: Sekolah Gratis Itu Hanya di SBT

    Disediakannya batuan ini guna memenuhi kebutuhan material pada proyek pelaksanaan infrastruktur jalan. Tercatat selama ini dua perusahaan swasta di Kota Bula jadi pemasok agregat ke Provinsi Papua, diantaranya ke Bintuni, Kabupaten Manokwari.(*)

    No comments

    Post Top Ad