Header Ads

  • Breaking News

    Hadapi Klaim, Pemda SBT Ikut Berikan Pendampingan Hukum

    Hadapi Klaim, Pemda SBT Ikut Berikan Pendampingan Hukum
    Hadapi Klaim, Pemda SBT Ikut Berikan Pendampingan Hukum

    Binaiyanews.com, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), BULA - Pemda Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) turut memperkuat pendampingan hukum bagi pihak-pihak yang berkepentingan, baik masyarakat, Pemda, maupun institusi publik di daerah.

    Sebut saja kasus pinjam pakai lahan kantor BPDM Cabang Geser yang diklaim pihak lain untuk ganti rugi. Yang digugat secara perdata pihak BPDM dan turut tergugat Raja Negeri Geser.

    Dijelaskan, setelah digunakan oleh BPDM, lahan tersebut diklaim milik pihak lain. Padahal sesuai bukti lahan dimaksud milik pemerintah Negeri Geser.

     "Lahan itu diperkarakan. Penggugatnya desak ganti rugi secara perdata. Tapi akhirnya gugatan ditolak dan sudah inkrah di PTUN Ambon, tanpa banding," ungkap Kepala Bagian (Kabag) Hukum, Sherly Usman didampingi Kasubag Hukum Fahry Tianotak, di ruang kerjanya, Rabu (25/7).

    Menurut Sherly pendampingan hukum juga dilakukan terkait gugatan bidang pemerintahan daerah. Dilakukan oleh sejumlah kepala desa terkait pergantian Raja Negeri Tobo Batuasa dan Nageri Bitori.
    Diklaim kalau pergantian yang dilakukan Bupati SBT cacat prosedur. Namun setelah uji materil di PTUN Ambo gugatan tersebut  ditolak majelis hakim. Pihak PTUN, menyatakan langkah Bupati sesuai prosedur hukum.

    Berita Terkait :

    "PTUN mengaminkan bahwa pergantian itu prosedural. Bahwa keputusan yang diambil oleh Bupati tidak cacat prosedural," terang Sherly Usman. Dijelaskan, Bagian Hukum Pemda SBT selain melakukan pendampingn hukum juga-k giat menggelar sosialisasi. Diantaranya soal Peraturan Daerah (Perda).

    Sebut saja yang sedang dilakukan saat ini, sosialisasi menyangkut Perda Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Kepala Desa. "Kita lakukan sosialisasi di kecamatan-kecamatan tujuannya agar masyarakat paham kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Kita kasih masukan kepada masyarakat supaya mereka paham akan aturan-aturan pemerintahan," tandasnya.(*)

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad