• Breaking News

    Hadapi Bencana, BPBD SBT Posisi Siaga

    Hadapi Bencana, BPBD SBT Posisi Siaga
    Hadapi Bencana, BPBD SBT Posisi Siaga

    BULA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten SBT dalam posisi siaga mengantisipasi segala potensi bencana di daerah ini. Persiapan telah dilakukan mulai dari pelatihan dan peningkatan kapasitas SDM, koordinasi antara stakeholders sampai pembentukan desa-desa tanggap bencana.

    "Kita dalam posisi siaga saja, hal-hal lain seperti pelatihan tetap ada dan rutin. Bagaimana tangani warga yang kena dampak bencana, apa itu tsunami, gempa, apa itu kebakaran hutan. Bahkan kita punya empat desa tanggap bencana," ungkap Kepala BPBD Kabupaten SBT Usman Keliobas di ruang kerjanya, Rabu (8/8).

    Dijelaskan, kecuali kebakaran tugas itu sudah diserahkan ke Satpol PP namun pihaknya tetap siap memback up, penanganan bencana alam berupa tsunami dan gempa bumi pelatihan rutin terus dilakukan. Hal yang sama untuk menghadapi insiden di darat dan laut pihaknya juga ikut siaga.

    "Warga dilatih khusus, dorang siap hadapi bencana yang menimpa desanya maupun desa sekelilingnya. Pelatihan tanggap bencana itu dipraktekkan di pantai Gumumae," ujarnya.

    Hadapi Bencana, BPBD SBT Posisi Siaga
    Hadapi Bencana, BPBD SBT Posisi Siaga

    Empat desa tanggap bencana, sebutnya, masing-masing Desa Sesar dan Desa Englas di Kecamatan Bula, kemudian dua desa lainnya, yaitu Jakarta Baru dan Akejaya di Kecamatan Bula. Warga di desa-desa ini tidak saja dilatih menghadapi tsunami, gempa, kebakaran hutan, tapi juga kecelakaan yang dialami warga.

    "Kemarin ada kasus orang hilang di Jakarta Baru, dong yang sudah dilatih itu terlibat cari korban, akhirnya ditemukan," paparnya.

    Berita Maluku Lainnya :


    Diakui, daerah ini di tahun 2016 lalu ikut dihantam kebakaran hutan akibat kekeringan selama 9 bulan. Kejadian besar ini, ujar Keliobas, menghabiskan ribuah hektar hutan milik masyarakat di Kecamatan Bula Timur dan Bula Barat.(*)

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad