• Breaking News

    Dinkop-Indag SBT Serahkan BLT Usaha Mikro

    Binaiyanews - Pemda Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) berupaya menekan angka kemiskinan. Termasuk dengan cara merangsang pelaku ekonomi mikro kecil supaya tetap eksis.

    Buktinya, sebanyak 1000 penjual ikan keliling atau mamalele, pemilik kios, penjual sayur dan usaha mikro lainnya diberi bantuan langsung tunai, masing-masig Rp 2 juta.

    Dinkop-Indag SBT Serahkan BLT Usaha Mikro
    Dinkop-Indag SBT Serahkan BLT Usaha Mikro 
    Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Lucky Uyara menandaskan, pemberian bantuan tunai langsung sebesar Rp 2 juta per orang dimaksudkan untuk tambahan modal usaha. Diharapkan uang bantuan dapat dikelola dengan sebaik-baiknya meski nilainya relatif kecil.
    "Itu kehebatan Bupati Mukti Keliobas. Dua juta rupiah per orang, bagi katorang mungkin kecil, tapi bagi pengusaha macam mereka itu besar," terang Lucky di sela-sela pemberian bantuan (21/8) di kantor Dinas Koperasi UMKM Industri dan Perdagangan Kabupaten SBT.

    Baca Juga : Bupati SBT : Pengisian Jabatan, Tunggu BKD dan Baperjakat

    Bantuan tersebar untuk tiga zona. Masing-masing Zona I meliputi Kecamatan Bula Timur dan Bula Barat, Zona II meliputi Kecamatan Tutuktolu dan Geser. Sedang Zona III, untuk Kecamatan Gorom dan Wakate.

    Para penerima bantuan merupakan pelaku usaha yang sudah didata oleh dinas tersebut by name by address di sejumlah kecamatan. "Jadi para penerima ini adalah mereka yang sudah terdaftar sebagai pelaku usaha kecil mikro di Dinas Koperasi dan UMKM," kata Lucky.

    Baca Juga : Pasok Agregat, SBT dan Fak-Fak Akan MoU

    Dari pantauan Kantor Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten SBT tampak warga berjubel. Mereka antri menunggu dipanggil oleh petugas.

    Sebelum menerima bantuan, mereka  wajib menunjukkan kopian E-KTP untuk disesuaikan dengan daftar penerima bantuan milik Dinas Koperasi. Setelah bantuan diterima, mereka juga diharuskan menandatangan berita acara penerimaan dengan cap dinas dan meterai.

    Baca Juga : Lantik Raja, Bupati Ingatkan Kesetiaan Kepada NKRI

    Dijelaskan, pemberian bantuan dilakukan berdasarkan SK Bupati No. 212-A/2018 tertanggal 26 Mei 2018. "Ada SK Bupati, yakni SK penetapan bantuan penguatan usaha dengan bantuan tunai Kabupaten Seram Bagian Timur. Dan sama sekali tidak dibenarkan adanya pemotongan dan lain-lain," tandas Lucky.(*)

    No comments

    Post Top Ad