• Breaking News

    BPD Harus Diberi Ruang Terkait Dana Desa

    Binaiyanews.com - Badan Permusyawaratan Desa disingkat BPD merupakan lembaga perwakilan masyarakat di pemerintahan desa. Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Mukti Keliobas mengingatkan agar BPD diberikan porsi, para raja jangan lakukan kebijakan sepihak tanpa melibatkan badan tersebut, BPD Harus Diberi Ruang Terkait Dana Desa.

    BPD Harus Diberi Ruang Terkait Dana Desa
    BPD Harus Diberi Ruang Terkait Dana Desa - Sumber Gambar : Humas SBT

    Menurut Bupati ke depan, sesuai mekanisme anggota BPD diusulkan oleh pemerintah negeri kemudia dilantik secara langsung oleh Bupati. Itu berarti Badan Permusyawaratan Desa disingkat BPD  memiliki kedudukan yang sama seperti raja dalam hal pengambilan keputusan terkait pemerintahan negeri. "Jangan sampai raja karena tidak suka kepada BPD lalu lakukan pengaturan secara sepihak, tanpa sepengetahuan pemerintah desa dalam hal ini melibatkan BPD," kata Bupati (16/8) lalu usai melantik raja Negeri Waru, Orang Kaya Negeri Solang dan Raja Eva di Aula Kantor Bupati SBT.

    "Hal yang paling penting lagi terkait dana desa. Arahan saya, karena SBT termasuk angka kemiskinan yang cukup besar, saya dapat laporan, ternyata kepala-kepala desa tidak melalui BPD," tambahnya.

    Baca Juga : Dinas Kelautan Perikanan "Asuransikan" Nelayan SBT

    Terkait BPD tersebut, Bupati menegaskan, para raja harus berkoordinasi atau duduk bersama badan tersebut. Dalam pengusulan program-program pembangunan di desa di RAPBDes harus melibatkan BPD.

    Baca Juga : HUT RI Bawa Spirit Baru Untuk SBT

    Hal itu dimaksudkan agar pelaksanaan program tersebut terarah, efektif dan efisien. Dana desa yang dipakai untuk membiayai program sudah pasti dianggap transparan dan akuntabel kerena melibatkan perwakilan masyarakat yakni BPD.

    "Karena kalau dana desa ini dikelola dengaan baik melibatkan pengawasan BPD, Insya Allah peningkatan kesejahteraan masyarakat pasti terjadi. Jadi harus transparan, terbuka kepada masyarakat," tandasnya.(*)

    No comments

    Post Top Ad