• Breaking News

    Bina Kambtibmas Kesbangpol SBT Terkendala Anggaran

    Binaiyanews - Guna menjaga stabilitas sosial keamanan tetap baik di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) intens melakukan sosialisasi dan pembinaan. Terutama terhadap OKP, Ormas dan LSM maupun kelompok pemuda lainnya.

    Bina Kambtibmas Kesbangpol SBT Terkendala Anggaran
    Bina Kambtibmas Kesbangpol SBT Terkendala Anggaran
    Bekerjasama dengan Forum Komunikasi (Forkominda), Inteljen Daerah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sosialisasi dan pembinaan diakui baru dilakukan sebatas Kota Bula. Kedua forum, sebutnya, sering menjadi narasumber dalam sosilisasi yang dilakukan. "Idealnya sih kita turun ke kecamatan-kecamatan. Tapi kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran, jadi kita siasati, tokoh-tokoh masyarakat tokoh-tokoh agama kita undang ke Ibukota kabupaten," terang Kepala Badan Kesbangpol Murad Wokas di ruang kerjanya, Kamis (23/8).

    Baca Juga : Dinkop-Indag SBT Serahkan BLT Usaha Mikro

    Sosialisasi terutama menyangkut pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama dan memupuk kebersamaan sebagai sesama anak bangsa. Sedang untuk OKP dan Ormas, pihaknya hanya memonitor kegiatan yang dilakukan. "Sepanjang kegiatan mereka itu tidak bertentangan. Tapi jika kegiatannya ada potensi gangguan kita lakukan pembinaan," jelasnya.

    Bina Kambtibmas Kesbangpol SBT Terkendala Anggaran
    Bina Kambtibmas Kesbangpol SBT Terkendala Anggaran
    Diakui Wokas, hingga saat ini belum ada gangguan menonjol terkait Kambtibmas. Selain hal-hal menyangkut kriminalitas biasa di masyarakat yang umumnya dipicu oleh miras dan menjadi ranah penegak hukum.

    Baca Juga : Bupati SBT : Pengisian Jabatan, Tunggu BKD dan Baperjakat

    Menurutnya, kelompok-kelompok organisasi masyarakat sipil sesuai aturan wajib mendaftarkan diri di Pemda. Ini selain untuk merangkul dan membina mereka juga untuk memantau kegiatan-kegiatan yang dilakukan. "Sampai saat sudah sebanyak 40-an OKP, OKPI, Ormas dan LSM yang sudah mendaftar organisasinya di kita," ungkap Murad Wokas.(*)

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad