• Breaking News

    Tegakkan Perda, Satpol PP Siap Tertibkan Bangunan Liar

    KASATPOL PP Kabupaten SBT
    KASATPOL PP Kabupaten SBT

    Binaiyanews.com, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Bula - Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Pemda Kabupaten SBT sebagai pengawal Peraturan Daerah (Perda) siap bertindak di lapangan. Sejumlah bangunan liar yang keberadaannya melanggar regulasi daerah, akan ditertibkan.

    "Hanya saja tidak sampai tingkat eksekusi. Terutama yang tidak punya IMB, ini kita akan koordinasi dulu dengan bidang Cipta Karya Dinas PU dan Tata Kota," kata Kasat Pol PP Abdullah Rumain. 17/7).

    Lanjut Rumain, untuk yang tidak punya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) akan dihentikan pembangunannya. Sementara kios-kios yang berada di jalan-jalan utama Kota Bula, dan masuk wilayah Ruang Terbuka Hijau (RTH) dianggap sebagai bangunan-bangunan liar. Bersama Bidang Cipta Karya dan Tata Kota Dinas PUPR, akan ditertibkan. "Bisa sampai tingkat eksekusi, digusur," tandasnya.

    Baca Juga : 


    Namun menurutnya, untuk menegakkan aturan dalam hal Perda, pihaknya lebih dulu mengedepankan sosialisasi aturan-aturan dimaksud. Untuk melaksanakan hal itu, kata dia, tentu dibutuhkan personil dan staf yang memiliki kapabilitas atau kemampuan di bidangnya. "Katong mau sadarkan orang tentang aturan-aturan harus punya PPNS. Misalnya pelanggaran terhadap Perda itu, perlu PPNS. Mereka tahu penerapan sanksinya seperti apa, itu PPNS," katanya.

    Sayangnya, usulan agar Satpol PP memiliki PPNS belum terakomodir hingga saat ini. Sudah diusulkan tiap tahun ke bidang terkait di Pemda namun belum kesampaian hingga hari ini.
     "Sudah diusulkan anggaran untuk katong punya staf ikut diklat. Yah kita tunggu saja, realisasinya seperti apa," ujar Rumain.(*)

    No comments

    Post Top Ad