• Breaking News

    Pemda SBT Butuh Depot Arsip Yang Representatif

    Binaiyanews.com, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBT), BULA - Lembaga Kearsipan penting bagi birokrasi pemerintah daerah. Terkait itu, Dinas Kearsipan dan Kepustakaan Kabupaten SBT berencana menyiapkan, satu Depot Arsip yang representatif bagi daerah ini.

    Kadis Kearsipan dan Kepustakaan Sumarno Sagala menjelaskan arsip atau dokumen tersebar di banyak tempat di berbagai instansi milik Pemda. Namun arsip atau dokumen penting tersebut belum dipilah-pilah mana yang harus diamankan, mana yang sudah bisa dimusnahkan.

    Pemda SBT Butuh Depot Arsip Yang Representatif
    Kadis Kearsipan dan Kepustakaan - Sumarno Sagala

    "Ini dokumen-dokumen yang harus diselamatkan. Urus arsip, harus punya depot arsip, atau gedung arsip yang baik, supaya kita bisa pegang semua arsip yang ada di daerah ni," kata Sumarno, Rabu (18/7).

    Dijelaskan, tumpukan arsip menjadi pemandangan yang biasa terlihat di kantor-kantor milik instansi daerah. Menurutnya, kondisi seperti itu rawan, karena bisa saja musnah tak berbekas, jika terjadi kebakaran atau tercecer tak tentu tempat.

    Termasuk arsip bernilai sejarah, peninggalan masa pemekaran kabupaten SBT dari Kabupaten Induk Maluku Tengah 15 tahun silam "Depot arsip penting supaya tidak terjadi kesimpangsiuran sejarah. Karena dokumen-dokumen tertulis itu bisa usang. Perlu dirawat dengan baik," ujarnya.

    Selain depot arsip, pihaknya juga sedang menggagas gedung perpustakaan daerah yang representatif. Dilengkapi dengan sarana digital online, semisal e-katalog, untuk semua koleksi perpustakaan.

    Pemda SBT Butuh Depot Arsip Yang Representatif
    Pemda SBT Butuh Depot Arsip Yang Representatif

    Diakui gedung perpustakaan daerah yang ada tidak layak lagi. Tak heran, kurang peminat atau kunjungan masyarakat terutama kalangan pelajar dan mahasiswa di daerah ini.
    Jika mampu diwujudkan oleh Pemda, gedung perpustakaan daerah tersebut, bisa dipastikan, akan dikunjungi masyarakat meningkat.

    Baca Juga12 Produk Kemasan Berlabel SBT Siap Rambah Pasar

    Apalagi, jika perpustakaan dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai, dipastikan turut mendongkrak minat baca masyarakat yang turut menjadi visi misi Pemda dalam upaya mencerdaskan bangsa di daerah ini. "Sarana dan prasarana yang menarik, termasuk sarana outbound, atau tempat bermain anak-anak usia dini di bagian tertentu di gedung perpustakaan, itu juga berpengaruh, masyarakat pasti ingin datang ke perpustakaan," katanya.(**)

    No comments

    Post Top Ad