• Breaking News

    Negeri Paperu Gelar Upacara Adat Cuci Air Tua

    Negeri Paperu Gelar Upacara Adat Cuci Air Tua
    Negeri Paperu Gelar Upacara Adat Cuci Air Tua

    Binaiyanews.com, Kabupaten Maluku Tengah, Negeri Paperu - Setelah 20 Tahun di lakukan, upacara adat pencucian air tua (Rone Bunga Rone). Kini acara di yakini warga sebagai acara sakral itu di lakukan kembali  di Negeri Tounussa Amalatu Paperu, Kecamatan Saparua. Selasa (24/7).

    Seperti halnya adat pelantikan dan peneguhan kepala pemerintah negeri (Raja) di lakukan. Kegiatan pencucian air tua negeri Tounussa Amalatu itu juga di mulai dengan proses Cakalele yang di lakukan oleh keturunan pemangku adat.

    Acara cuci air tua itu dilakukan di hutan negeri Paperu. Warga bergotong royong warga untuk membersihkan kolam air tua negeri Paperu itu.

    Yanes Pattipawae, pemangku adat Kapitan muda negeri Paperu mengakui bahwa, prosesi adat pencucian air tua negeri Paperu itu memang sudah sangat lama. Upacara pencucian mata air awal di negeri adat itu, terakhir di lakukan pada 15 hingga 20 tahun lalu.  "Kami memang tidak hafal pasti, kapan pencucian air tua ini di lakukan. Namun yang pasti upacara adat ini terbilang cukup lama sekali. Dan baru di lakukan sampai dengan hari ini," ujarnya.


    Dia menyebutkan bahwa upacara adat itu adalah tradisi para leluhur, yang harus terus dilestarikan oleh anak cucu. Karena dampaknya dapat memberikan kemaslahatan bagi rakyat dan Negeri Paperu.
    "ini tradisi yg harus kita lestarikan. Karena ini adalah peninggalan para leluhur kami. Karena itu saat ini kita kembali melakukannya sebagai suatu bentuk dari upaya melestatikan adat dan budaya negeri ini," katanya.

    Pemangku adat negeri Paperu memiliki peranan. Paperu memiliki dua klan adat yang memiliki peran dan fungsinya masing masing. Untuk upacara adat kali ini, marga Luhukai atau dalam bahasa adat setempat Latusalisa atau Kapitan Tua memiliki peranan penting dalam mengkoordinir, mengatur prosesi jalannya upacara adat itu.(**)

    No comments

    Post Top Ad