• Breaking News

    Kanwil Kemenag Maluku Akan Luncurkan Program Absen Online

    Binaiyanews.com, Ambon - Terobosan terus dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi di era melinia, usaha untuk mempermudah sistem tata abesnsi Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, melalui aplikasi yang di labeli dengan nama Sistem Absen Online (SAO).

    Sistem ini sementara dalam proses finalisasi oleh programer. Dalam waktu dekat akan diterapkan untuk mempermudah kerja seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.
    Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd, usai pertemuan terbatas pembahasan Sistem Absen Online (SAO) Kanwil Kemenag Maluku, di ruang Kakanwil, Selasa, (3/7).

    Kanwil Kemenag Maluku Akan Luncurkan Program Absen Online
    Kakanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad saat melihat aplikasi SAO yang dirancang oleh programer.

    Kakanwil mengatakan, pihaknya terus berupaya menghadirkan perubahan untuk mengoptimalkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan profesional. Kehadiran program absensi SAO di Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dinilai sangat efektif sebagai bentuk dari upaya melakukan transformasi kelembagaan di era digital saat ini. "Kemajuan teknologi memaksa seluruh aparatur untuk beradaptasi dengan memanfaatkan sistem yang hadir untuk mengefektikan kinerja ASN," ujarnya.

    Baca Juga : Tahun Politik Umat Beragama Diminta Bersatu

    Aplikasi SAO memiliki keunggulan secara teknis. Setelah melalui tahap finalisasi oleh programer, maka aplikasi ini akan dapat di download dan terinstal melalui handphone yang berbasis android secara gertasi oleh ASN. Artinya dengan mengunakan handphone, maka pegawai langsung mengisi absen hanya dengan sentuhan tangan. "Aplikasi tentu dibuat dan disesuaikan untuk mempermudah, dan SAO Kemenag Maluku bagi saya adalah solusi," katanya.

    Dijelaskannya, kelebihan dari SAO adalah mengunakan perangkan Global Positioning System (GPS), yang nantinya akan menjadi sistem navigasi untuk mengontrol keabsahan absen yang di lakukan oleh pegawai. GPS akan menjadi titik koordinat untuk mendetaksi posisi dan keberadaan pegawai saat mengisi absen. "Jika ASN berada di luar areal kantor, maka sistemnya akan menolak proses absensi. Artinya para pegawai tidak bisa bohong, sebab sistem navigasi GPS yang akan mengontrol lewat SAO," jelasnya.

    Baca Juga : Kemenag Malteng Isi Ramadhan Dengan Kultum dan Tadarus

    Data yang dihasilkan melalui aplikasi SAO dinilai memiliki tingkat keakuratan yang baik. Mulai dari waktu absensi masuk, waktu istirahat, hingga absensi pulang para pegawai. Bahkan pihak Kemenag Maluku akan terus melakukan pengembangan sebelum aplikasi SAO ini di launching, yakni dengan menambah fitur foto yang akan mendeteksi atau menganalisa wajah ASN lewat Handphone dalam melakukan absensi. "Jadi setelah datang di kantor, mereka tinggal memilih mengisi absen dengan sentuhan tangan atau mengunakan fitur foto saat melakukan pengisian absen," urainya.

    Sebagai langkah awal sebelum aplikasi SAO ini diterapkan, pihak Kemenag Maluku akan melakukan sosialisasi kepada seluruh ASN khusus di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Maluku. Dan akan dikembangkan kepada seluruh satuan kerja, terutama Kantor Kementerian Agama tingkat Kota/Kabupaten se-Provinsi Maluku. "Saya berharap agar aplikasi ini akan dimanfaatkan dengan baik, dan semoga setelah sosialisasi nanti SAO Kemenag Maluku akan mulai diterapkan untuk memaksimalkan kinerja seluruh aparatur," harapnya. (ASA)

    No comments

    Post Top Ad