• Breaking News

    Hari Kesadaran Nasional, Wabup SBT Ingatkan ASN Pahami Aturan

    Hari Kesadaran Nasional, Wabup SBT Ingatkan ASN Pahami Aturan
    Hari Kesadaran Nasional, Wabup SBT Ingatkan ASN Pahami Aturan

    Binaiyanews, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBT), Bula - Wakil Bupati Fachri Alkatiry menekankan Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemda Kabupaten SBT adalah pelayan masyarakat. Karena itu tiap ASN wajib memahami berbagai aturan, sehingga tidak menimbulkan praktek-praktek yang menyimpang dalam kehidupan birokrasi, selaku pelayan masyarakat. "Penyimpangan dalam pelayanan terhadap masyarakat, karena adanya salah prosedur administrasi dan perbedaan pemahaman atas peraturan. Saya himbau setiap aparatur daerah memahami sebuah peraturan dengan baik," tandas Alkatiry di hadapan puluhan ASN dalam upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional, Selasa (17/7) di kantor Bupati SBT.

    Baca Juga : Pemda SBT Butuh Depot Arsip Yang Representatif

    Lebih jauh, dirinya mengingatkan kalau masyarakat merupakan pihak utama yang menilai knerja Pemda, karena itu, setiap ASN harus optimal dalam tugas sehari-hari. Sehingga dalam berbagai aspek terkait tupoksi organisasi perangkat daerah, mampu menghadirkan capaian hasil yang memuaskan masyarakat. "Masyarakat adalah unsur utama yang merasakan, sekaligus yang menilai. Bagaimana kualitas dan pelayanan yang kita lakukan selaku aparatur pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Timur ini," tandasnya.

    Menurut dia, penilaian bukan hanya datang dari internal Pemda maupun OPD yang bersangkutan. Namun lebih daripada itu, paradigma pemerintahan birokrasi saat ini menempatkan ASN selaku fasilitator yang baik bagi masyarakat, guna mencapai tujuan-tujuan nasional. Diantaranya, melindungi, mencerdaskan, dan mensejahterakan masyarakat. Yang akhirnya dalam tataran praktisnya menuntut kejelian seluruh aparatur pemerintah. Untuk senantias responsif terhadap harapan-harapan yang berkembang di masyarakat. ASN kembali diingatkan, bahwa hasil pembangunan akan berdampak positif, jika peningkatan kualitas hidup masyarakat, dilakukan secara terencana. "Artinya perencanaan pembangunan mulai tingkat desa sampai tingkat kota harus mampu mengakomodasi aspirasi masyarakat. Tanpa kehilangan sinergitas dengan program- program yang menjadi prioritas dan unggulan pemerintah daerah," katanya.

    Baca Juga : Disdukcapil : Pemda Harus Siapkan Infrastruktur Data

    Lebih lanjut soal keinginan masyarakat dewasa ini, ada fenomena baru, yakni dibutuhkannya sosok pejabat pemerintah daerah yang berperilaku lebih ramah, santun dan bersifat mengayomi.
    Sikap dan perilaku ASN yang demikian akan mewujudkan rasa persatuan sebagai sesama anak bangsa. Inilah tujuan dan makna penting dilaksanakannya peringatan Hari Kesadaran Nasional tersebut, kata Fachry Alkatiry. "Ini berarti dengan peringatan hari Kesadaran Nasional ini, kita diharapkan menjauhi sifat arogan terhadap masyarakat dan ingin benar dan menang sendiri. Karena dengan sikap seperti itu kita akan mendekatkan diri secara emosional dengan masyarakat," tandasnya.(**)

    No comments

    Post Top Ad