• Breaking News

    Dorong Mobilitas Warga Desa, Dishub SBT Siapkan Longboat

    Plt Kadis Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Ramly Kilwarany
    Plt Kadis Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Ramly Kilwarany

    Binaiyanews.com, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Bula - Sebanyak 99 longboat disiapkan Dinas Perhubungan Kabupaten SBT untuk melayani sisi transportasi masyarakat di desa-desa pada 15 kecamatan di daerah itu.

    Umumnya desa-desa tersebut berada di wilayah pesisir, diharapkan moda transportasi ini, mendukung program Pemda di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian rakyat.

    Hal itu ditekankan, Plt Kadis Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Ramly Kilwarany di ruang kerjanya. Rabu (18/7).

    Baca Juga : Aksi Heroik Prajurit TNI Bantu Warga Yang Sedang Sakit

    Puluhan longboat tersebut sebagian besar telah disebar ke desa-desa. Pengelolaannya oleh kelompok usaha yang dibentuk di desa. Namun akui Kilwarany, pengoperasian longboat butuh anggaran, itulah sebabnya pungutan tarif diperbolehkan dari masyarakat pengguna.

    "Harus dipungut biaya, masing-masing penumpang berapa? itu mereka yang atur. Tapi jangan memberatkan lah. Itu khan untuk membantu warga, yang mau bawa hasil bumi, bawa anak sekolah atau bawa warga yang sakit ke puskesmas," ingat Kilwarany.

    Baca Juga : Kilimury Terisolir, Siswa SD Tiap Hari Berenang ke Sekolah

    Dijelaskannya sesuai SK Bupati, pengelolaan longboat di masing-masing desa, diperbolehkan memungut biaya, dan diharapkan maksimal dalam pemanfaatan. Dipungut biaya, untuk membeli bahan bakar dan biaya perawatan masing-masing longboat.

    Ditambahkan, selain membantu mendorong aktifitas masyarakat di desa-desa, Pemda melalui Dinas yang dipimpinnya, juga mengelola dua bus umum untuk transportasi darat. Pihaknya juga mengadakan satu fery, yaitu KMP Bobot Masiwang yang merupakan hibah pemerintah pusat. Kemudian satu perahu layar motor atau PLM.

    Kedua moda transportasi laut ini, sebut dia, dialihkan pengelolaannya kepada pihak ketiga yaitu PT Mitra Karya yang merupakan perusahaan daerah. Tentu saja dengan begitu, ujar dia, ada Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kas Pemda Kabupaten SBT.(**)

    No comments

    Post Top Ad