• Breaking News

    5 Pelajar SBT Terjun ke PPLP Nasional di Aceh

    Binaiyanews.com, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBT), BULA - Abdul Kadir Derlen, Ramjan Voth, Jusman Waraiya, Akbar Rumonim dan Sardi Laongso merupakan lima pelajar terbaik Sekolah Sepakbola (SSB) akhirnya berangkat ke Aceh Darussalam, Selasa (17/7).

    5 Pelajar SBT Terjun ke PPLP Nasional di Aceh
    5 Pelajar SBT Terjun ke PPLP Nasional di Aceh

    Mereka berlima, merupakan bagian dari 19 pelajar yang tergabung dalam kesebelasan Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Provinsi Maluku. "Sudah berangkat tadi (kemarin) mereka sudah di bandara siap terbang saja ke Jakarta, lalu ke Aceh, untuk ikut pembukaan," terang salah satu pengurus Asosiasi Sepakbola Kabupaten (Askab) SBT Bambang Payapo.

    Salah satu pengurus ASKAB (PSSI Kabupaten) SBT ini menjelaskan, daerah ini memiliki potensi pesepakbola usia dini yang melimpah, hanya saja tidak didukung sarana dan prasarana yang memadai. Namun begitu, pengurus Askab SBT terus melakukan berbagai pembenahan, termasuk dari sisi perwasitan.

    Terpisah, Kabag Humas Pemda Kabupaten SBT Ilham Hoedrawi mengungkapkan Pemda SBT telah menganggarkan biaya operasional untuk KONI mencapai Rp 1 mliar tahun ini. Namun diakui, anggaran tersebut lebih difokuskan untuk pembenahan organisasi dan operasional KONI.
    "Setelah organisasi KONI termasuk ASKAB-nya bangkit dan beroperasional dengan baik baru kita lihat lagi sarana dan prasarana. Untuk menghasilkan tim kesebelasan sepakbola memang tidak bisa hanya dana Rp 100 juta, perlahan-lahanlah," ujar Ilham, di kantornya, Selasa, kemarin.

    Baca JugaPemda SBT Butuh Depot Arsip Yang Representatif

    Diakui, Kabupaten SBT memiliki potensi pesepakbola, sepertinya halnya Maluku Tengah, tepatnya Kecamatan Salahutu dan Leihitu. Tapi kata Ilham, dari pantauan pihaknya, kecamatan-kecamatan di daerah ini, mempunyai sediaan atau stok usia dini yang bertaburan dimana-mana. Sebut saja Abdul Kadir Derlen dari Sekolah Sepakbola (SSB) Atamari Seram, Ramjan Voth (SSB) Serihitu Werinama, Jusman Waraiya (SSB Serihitu Werinama) Akbar Rumonim (SSB Geser Putra) Ardi Laongso (SSB Geser Putera). Mereka berlima terpantau mempunyai bakat yang tak kalah dengan pelajar-pelajar dari Tuleh maupun Leihitu. "Kabupaten SBT punya lima orang, kita tidak kalah dari Tulehu dan Leihitu. Peluang bagi mereka, kita harapkan selepas dari PPLP mereka tembus ke liga tiga dulu," harap Ilham.

    Menurutnya, Pemda Kabupaten SBT punya perhatian serius untuk mengembangkan potensi sejumlah cabang olahraga. Tak tanggung-tanggung kepemimpinan daerah saat ini menyiapkan anggaran stimulan bagi pengurus KONI termasuk Askab di daerah ini. "Karena kita punya lima cabor unggulan yang sudah aktif adalah, sepakbola, volley, silat, tinju, dan sedikit basket. Itu yang wajib dibina," tandas Ilham.(*)

    No comments

    Post Top Ad