• Breaking News

    Kemenag Malteng Isi Ramadhan Dengan Kultum dan Tadarus

    Binaiyanews - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maluku Tengah, mengisi aktifitas selama bulan puasa Ramadhan 1439 Hijriyah dengan shalat Dzuhur berjamaah dan usai shalat dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit (Kultum) dan Tadarus Al Quran, yang bertempat di Musholah Ikhlas Beramal Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah.

    Kegiatan Kultum yang di mulai pada Kamis 17 Mei 2018, akan berakhir pada 14 Juni 2018. Pada puasa ramadhan hari pertama, Kultum hari pertama di isi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah, Drs. H. Japri Kabamai dengan materi kuliah yaitu tentang "Makna dan Hakekat Puasa Ramadhan".

    Kemenag Malteng Isi Ramadhan Dengan Kultum dan Tadarus
    Kemenag Malteng Isi Ramadhan Dengan Kultum dan Tadarus

    Dikatakannya hakekat puasa Ramadhan tentunya tidak lepas dari perintah dan larangan yang telah di tetapkan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW. Namun menurutnya sebagai manusia kadang kita lalai atau lupa. "Tapi jangan terlalu jauh kita melakukan perbuatan yang di larang oleh Allah SWT" sentilnya.

    Hakikat puasa menurut Kabalmai, bukan sekedar menahan hawa nafsu dari rasa lapar dan haus. Namun hakikat puasa, kita dapat mengendalikan diri secara total dengan kendali iman."Selain mengendalikan mulut dari makan dan minum, puasa juga mengendalikan lidah dari perkataan yang tidak terpuji, seperti bohong, bergunjing, bergosip," katanya.

    Disebutkannya puasa menurut imam Al Ghazalai terbagi atas tiga tingkatan yaitu puasa umum, khusus dan paling khusus. "Puasa umum yaitu puasa yang hanya menahan perut dan kemaluan dari nafsu syahwat. Puasa khusus adalah menahan pendengaran, penglihatan, lisan, tangan, kaki dan seluruh anggota badan dari perbuatan-perbuatan dosa. Selanjutnya puasa sangat khusus adalah berpuasanya hati dari keinginan-keinginan yang rendah dan pikiran-pikiran duniawi serta menahan hati dari segala tujuan selain Allah secara totalitas," kutipnya.

    Baca JugaTahun Politik Umat Beragama Diminta Bersatu

    "Selain menahan diri dari makan, minum dan berhubungan, serta menahan seluruh anggota badan dari perbuatan maksiat, tingkatan yang utama adalah menuntut hati dan pikiran orang yang berpuasa untuk selalu fokus pada akhirat, memikirkan hal-hal yang mulia dan memurnikan semua tujuan untuk Allah semata," tandasnya.

    Selesai kultum yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Maluku Tengah kemudian dilanjutkan dengan Tadarus Al Quran. Kegiatan amaliah Ramadhan tersebut akan dilangsungkan sesuai jadwal pelaksanaan kultum dan tadarus Al Quran yang telah dijadwalkan selama Ramadhan. (**)

    No comments

    Post Top Ad