• Breaking News

    Lampu PLN Padam Ganggu UNBK di Masohi

    Binaiyanews - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari pertama dan ketiga diwarnai dengan insiden mati listrik, hingga mengganggu proses UNBK yang sedang berlangsung. Kehawatiran pemadaman benar- benar terjadi di Kota Masohi. UNBK pada hari terpaksa molor hingga 30 menit pada saat prosesi ujian.

    Lampu PLN Padam Ganggu UNBK di Masohi
    Lampu PLN Padam Ganggu UNBK di Masohi

    Kepala MTs 2 Malteng, Zainul Wailissa mengatakan, jumlah peserta yang ikut UNBK di Sekolah MTs 2 Malteng yaitu 185 siswa, bergabung dengan satu sekolah afiliasi dari MTs Waitihisa Kecamatan Seram Utara Barat dengan 9 orang siswa. " Semua siswa hadir mengikuti proses ujian. Ditambah 9 orang siswa dari MTs Waitihisa," ungkapnya kepada BinaiyaNews.com di sekolah MTs 2 Malteng. Rabu (25/4/2018) pagi.

    Soal lampu padam pada saat proses ujian berlangsung, pihaknya dari awal telah menyediakan mesin genset milik sekolah meskipun kapasitas genset yang tidak terlalu memadai. "Kami telah mengantisipasi terjadinya lampu padam dengan genset. Meskipun kami khawatir dengan kapasitas mesin genset kami yang kecil yang melayani sarana elektronik sekolah kami," jelasnya.

    "Selain pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malteng, Kementerian Agama Malteng yang telah berkoordinasi dengan pihak PLN, kami juga telah berkoordinasi dengan pihak PLN," ungkapnya.

    Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Bidang pendidikan tingkat madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Hanafi Rumatiga mengatakan, terkait dengan pelaksanaan ujian UNBK, dari awal sudah ada langkah-langkah antisipasi yang dilakukan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dengan pihak PLN Wilayah Maluku, dalam rangka untuk mengantisipasi pemadaman lampu. "Kita telah bekerjasama dengan pihak PLN, karena ini adalah kegiatan Nasional dan instruksinya itu bersifat Nasional. Artinya bahwa semua PLN di seluruh wilayah Indonesia harus mengamankan pelaksanaan UNBK. Sehingga harus ada antisipasi bila terjadi pemadaman lampu," ungkapnya.

    Baca JugaAyam Nakal Penyebab Padam Lampu Saat UNBK di Masohi

    "Itu telah dilakukan secara resmi baik itu pertemuan maupun melalui surat secara resmi. Sehingga selayaknya dalam pelaksanaan UNBK ini tidak terjadi pemadaman lampu. Misalnya yang terjadi di MTs II Malteng saat ini, kurang lebih 30 menit itu lampu padam. Itu sebenarnya tidak boleh terjadi seperti ini, yaitu lampu padam saat siswa sedang melaksanakan UNBK," ujarnya.

    "Tapi realitanya sudah terjadi, maka yang tadinya bila pelaksanaan ujian dua jam, dan terjadi pemadaman setengah jam, maka jam ujian akan digantikan. Ada dispensasi waktu, karena pelaksanaan UNBK itu sifatnya fleksibel," jelasnya.

    Dirinya juga menyayangkan adanya pemberlakuan pelayanan oleh PLN yang tidak merata, hal itu terlihat di SMP Negeri 1 Masohi ada seorang petugas PLN yang ditugaskan menjaga, sementara di MTS Negeri 2 Malteng tidak ada petugas PLN yang standby menjaga kemungkinan terjadinya pemadaman lampu. "Ya hal ini juga kita sayangkan, kenapa tidak terjadi pemerataan dalam pelayanan. Padahal hal ini setelah disampaikan dan telah dikoordinasikan sejak awal," sesalnya.

    Padahal menurutnya pemberlakuan itu harus merata kalau di Madrasah maupun sekolah melaksanakan UNBK maka pihak PLN harus standby ditempat untuk mengantisipasi (kejadian lampu padam secara tiba-tiba). "Di dua daerah pihak PLN mendatangkan mesin cadangan untuk mengantisipasi terjadinya lampu padam. Seperti di Bula Kabupaten SBT dan di negeri Wahai, Kecamatan Seram Utara Kabupaten Malteng. Sedangkan di Kota Masohi kami tidak melihat itu. Yah, mungkin dari pihak PLN yakini dengan stabilitas mesin, padahal harus ada antisipasi hal-hal emergensi yang harus di antisipasi," sentilnya.

    "Kami sangat menyangkan hal itu terjadi, ini akan menjadi bahan evaluasi kami di Kanwil Provinsi pada saat evaluasi dengan pihak terkait," tandasnya.(**)

    No comments

    Post Top Ad